My Daily Campuss Activities

Selasa, 11 Desember 2012

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK KREDIT MIKRO PERBANKAN



Perkembangan sistem perbankan dalam melebarkan sayapnya untuk para pengusaha kecil ( para pedagang pasar ) yang sangat banyak dan merupakan tulang punggung perekonomian rakyat di Indonesia. Untuk membantu para pengusaha kecil tersebut yang biasanya sangat sungkan berhubungan dengan bank. Produk layanan mikro ini dalam pelaksanaannya membentuk suatu sistem informasi yang berbasis komputer dan proses manajemennya memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat bantu proses pengolahan data.
Sistem informasi yang digunakan untuk perhitungan pada pinjaman dan pengembalian yang terdapat di layanan mikro ini bersifat semi otomatis karena hal tersebutlah dirasakan banyak kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain adalah tidak efektifnya waktu yang digunakan dalam pembuatan laporan perhitungan angsuran pinjaman nasabah, hal tersebut mengganggu kinerja petugas dalam penagihan.
Perancangan sistem informasi layanan mikro yang diusulkan penerapannya akan direalisasikan dengan menggunakan komputer. Sistem ini dapat memberikan keuntungan antara lain mempercepat pembuatan laporan dan penyimpanan data yang lebih terjamin, sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat dan handal yang akhirnya akan menghasilkan unjuk kinerja yang efektif dan efisien dalam mendukung proses pengambilan keputusan bagi para penggunanya
Kata kunci : Perancangan sistem informasi, aplikasi, kredit mikro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar